Lengkeng Mutiara, Jambu Kristal Tlogomas Banjir Pesanan

Sukses Herfin Sasono mengembangkan lengkeng mutiara dan jambu kristal di Tlogomas Kota Malang berbuah manis. Aktivis pecinta lingkungan dari RW 6 Tlogomas ini kini kebanjiran pesanan bibit lengkeng maupun jambu kristal, Sabtu (7/9).

Herfin di antara lengkeng miliknya yang sedang berbunga

Herfin di antara lengkeng miliknya yang sedang berbunga

Begitu banyaknya pesanan membuat Herfin kewalahan, sampai harus berburu ke beberapa daerah untuk bisa memenuhi pesanan. Sayang, meski berusaha keras melakukan pembibitan sendiri dan pencarian, masih banyak pesanan yang tidak bisa dipenuhi.

Herfin mencontohkan, mendapat pesanan bibit jambu kristal sebanyak 3.000 pohon saat ini, belum separuh bisa dipenuhi. Karena itu, dia sampai harus mencari tambahan ke Jateng agar bisa memenuhi pesanan itu.

“Itu masih dari satu pemesan, dari pemesanan lain masih banyak lagi yang masih belum bisa dipenuhi,” terang Herfin, Sabtu (7/9).

Herfin mengungkapkan, banyaknya pesanan bibit jambu tidak lepas dari prospek bisnis jambu kristal tanpa biji yang sangat bagus. Dengan perawatan intensif jambu kristal bisa menjadi primadona pasar buah di Indonesia.

Demikian juga dengan lengkeng mutiara, meski ini adalah lengkeng produk lokal dari Poncokusumo Malang, namun kualitasnya tidak kalah dibanding lengkeng Thailand. Jika masyarakat mau serius mengembangkan lengkeng jenis ini, prospeknya masih sangat bagus.

“Banyaknya pesanan bibit membuat kami sampai kewalahan, sampai-sampai pohon milik kami lebih banyak dicangkok dan disambung agar bisa memproduksi bibit sebanyak-banyaknya dalam waktu cepat. Namun dengan lahan sekitar 800 meter yang kami miliki, rasanya sulit bisa memenuhi permintaan,” terang Herfin.

Dari kenyataan ini, Herfin mengatakan, sebenarnya sudah menawarkan beberapa kali kepada warga di lingkungan sekitar rumahnya untuk bermitra bersama memenuhi permintaan bibit. Namun meski warga disekitar rumahnya banyak yang memiliki lahan kosong, ternyata masih belum ada yang berminat.

“Padahal jika mau prospek penjualan lengkeng, jambu ataupun bibitnya, sangat bagus. Kalau tidak bisa memasarkan, saya siap bantu pasarkan,” terang Herfin.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, kalau warga sekitar berminat, kelurahan Tlogomas bisa disulap menjadi sentra lengkeng. Sebab dengan penanganan yang baik, lengkeng bisa berbuah bagus, meski hanya ditanam di dalam pot. Apalagi jika ditanam di tanah lapang, tentu pohonnya bisa lebih besar dan berbuah lebih banyak. (cah/dmb)

 

Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id/2013/09/lengkeng-mutiara-jambu-kristal-tlogomas-banjir-pesanan/#ixzz35vsi0WhW

Bagikan informasi ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *