Kelurahan Tlogomas Keluar Sebagai Juara Pertama Nasional

Berdasarkan sms dari Lurah Tlogomas Bapak Aryadi Wardoyo kepada Bapak Sunarto Djani Putro (Wakil Ketua RW-IV Tlogomas) dalam acara Renungan Proklamasi Kemerdekaan RI di RW-IV yang diadakan di Lapangan Segitiga, Sabtu 16/8/2014, diumumkan bahwa KELURAHAN TLOGOMAS TELAH KELUAR SEBAGAI JUARA PERTAMA KELURAHAN BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL, dan berhak meraih penghargaan: “ADIKARYA BHAKTI PRAJA TAHUN 2014”.
Pak Lurah berharap kita semua mampu mempertahankan prestasi ini, bahkan meningkatkannya lebih baik lagi pada tahun-tahun mendatang. Semoga Allah swt senantiasa menyertai langkah kita…
Sebagai warga Kelurahan Tlogomas kita sudah sepantasnya bersyukur atas karunia ini…

*      *      *

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menganugerahi 12 desa dan kelurahan dalam rangka Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2014 di Jakarta, Sabtu (16/8) malam.

“Perlombaan desa dan kelurahan adalah upaya pemberdayaan untuk pembangunan berkelanjutan yang berbasis pada masyarakat. Atas nama Pemerintah Pusat, saya menyampaikan penghargaan yang setulusnya kepada pemangku desa, semoga penghargaan ini dapat dipertahankan sebaik-baiknya,” kata Gamawan saat menyampaikan sambutannya.

Kemendagri, Sabtu malam, mengundang para pemangku desa dan kelurahan, serta camat dan kepala daerah terkait, yang memperoleh penghargaan atas upaya melakukan inovasi demi pembangunan berkelanjutan untuk desa.

Direktur Jenderal Pembangunan Masyarakat dan Desa Tarmizi Karim mengatakan, penilaian terhadap desa dan kelurahan dilakukan dalam kurun waktu dua tahun terakhir, melalui mekanisme penilaian secara berjenjang.

“Perlombaan ini dilaksanakan dengan cara membandingkan data potensi yang dimiliki suatu desa dan pengembangannya selama dua tahun terakhir, yakni sejak awal 2012 hingga akhir 2013,” jelas mantan Pelaksana Tugas Gubernur Aceh tersebut.

Indikator penilaian yang digunakan oleh tim penilai adalah terkait bagaimana desa tersebut mengelola fasilitas, sarana dan prasana di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban serta pemberdayaan kesejahteraan keluarga pada masyarakat desa.

“Selain itu, untuk penilaian tingkat nasional ditambah dengan indikator penguatan pembangunan desa, inisiatif dan kreativitas daerah serta tingkat kepatuhan terhadap penyelenggara pemerintahan,” katanya.

Sebanyak enam desa dan enam kelurahan di seluruh wilayah Tanah Air berhasil mendapatkan penghargaan Adikarya Bhakti Praja dan dana stimultan untuk pembangunan desa.

Berikut adalah desa dan kelurahan pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2014:
Pemenang Lomba Desa
Juara I: Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul (Yogyakarta)
Juara II: Desa Padang Balua, Kecamatan Seko, Luwu Utara (Sulsel)
Juara III: Desa Pandai Sikek, Kecamatan Kali Koto, Tanah Datar (Sumbar)
Harapan I: Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kaltim)
Harapan II: Desa Langung, Kecamatan Meurebo, Aceh Barat (Aceh)
Harapan III: Desa Maria, Kecamatan Wawo, Bima (NTB)

Pemenang Lomba Kelurahan
Juara I: Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Malang (Jatim)
Juara II: Kelurahan Kadipiro, KEcamatan Banjarsari, Surakarta (Jateng)
Juara III: Kelurahan Sungai Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Bintan (Kepri)
Harapan I: Kelurahan Parittokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Pontianak (Kalbar) Harapan II: Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Bogor (Jabar) Harapan III: Kelurahan Matawai, Kecamatan Kota Waingapu, Sumba Timur (NTT)

Sumber: Republika.co.id. posted: Sunday, 17 August 2014, 03:53 WIB

http://kimtlogomas.wordpress.com/2014/08/17/kelurahan-tlogomas-raih-penghargaan-juara-i-lomba-kelurahan-tingkat-nasional-tahun-2014/

Bagikan informasi ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *