Penilaian Lomba IPAL Komunal

Malang, 29 April 2015

Pemberitahuan yang mendadak dari Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Malang bahwa Kelurahan Tlogomas diikutkan sebagai peserta lomba IPAL Komunal, tidak mengurangi semangat  warga RW 5 untuk menyambut kedatangan Tim Juri dari tingkat nasional, regional, dan provinsi. Di RW 5 Kelurahan 20150429_100023Tlogomas memang terdapat IPAL Komunal yang didanai Urban Sanitation and Rural Infrastructure (USRI) Tahun 2013. Tlogomas terpilih bersama Kelurahan Tunggulwulung dan Kelurahan Purwantoro sebagai peserta lomba IPAL Komunal.

Kedatangan Tim Juri disambut oleh Zainuri sebagai ketua pelaksana IPAL Komunal serta Ketua RW 5 dan ibu-ibu PKK. Es markisa yang merupakan ciri khas RW 5 turut dihidangkan untuk menyambut tim juri. Setelah berbincang sebentar, tim juri langsung menuju IPAL Komunal. Dimulai dengan proses aliran limbah dari tangki pertama menuju tangki berikutnya hingga menghasilkan air yang aman dibuang ke drainase. Pengecekan dilakukan dengan membuka manhole pada tiap tangki yang biasanya dibuka pada saat pengurasan.

20150429_09533520150429_101753Selain memberi penilaian, juri juga memberikan pembinaan bagaimana menjaga agar mekanisme aliran limbah dapat tetap berjalan lancar, cara membuang limbah padat yang benar, serta bagaimana cara pengelolaan bagi  para penggunanya.[rf]

 

Bagikan informasi ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *