Budidaya Jamur oleh Warga Kelurahan Tlogomas

Jamur tiram merupakan salah satu komoditi jamur yang dapat digunakan sebagai bahan makanan. Kandungan gizinya yang tinggi, serta manfaat jamur tiram yang sangat baik untuk kesehatan menjadikannya sebagai bahan pangan yang mulai banyak diburu masyarakat. Selain kandungan dan manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan, jamur tiram juga merupakan salah satu komoditas pertanian yang dalam proses produksi tidak menggunakan pupuk kimia sintetis, sehingga komoditas ini tergolong bebas dari serapan bahan kimia sintetis. Selain itu, dalam proses produksinya, jamur tiram juga tidak terlalu banyak terkontaminasi oleh paparan pestisida, karena memang penanggulangan hama dan penyakitnya sangat sedikit melibatkan pestisida, bahkan banyak diantara pembudidaya jamur tiram yang tidak melibatkan pestisida untuk menangani serangan hama penyakit. Sehingga budidaya jamur menarik minat warga bahkan menjadikannya sebagai industri di beberapa desa. Salah satu tempat yang menekuni budidaya jamur adalah Kelurahan Tlogomas, lebih tepatnya terletak di RW 02 dan RW 03. Ternyata membudidayakan jamur konsumsi, khususnya jamur kuping, tiram, dan jamur merang, mendatangkan keuntungan yang sangat menggiurkan baik dilakukan dalam skala kecil maupun besar. Udin merupakan warga dari RW 03 yang memiliki usaha pembibitan jamur (lok jamur). Selain udin, juga ada warga dari RW 02 yaitu Samsul dan Ilham yang melakukan pembibitan jamur bahkan sudah sampai ke budidaya jamur. Bahkan, untuk meningkatkan nilai lebih jamur warga mengolahnya menjadi makanan yang awet dengan nilai jual tinggi, yakni abon jamur tiram.

Gambar 1. Porses pembibitan jamur di RW 03

jamur

Gambar 2. budidaya jamur di RW 02

inilah yang nantinya menjadi barang mentah dalam pembuatan abon jamur.

jamur2
SEJARAH PRODUK
Abon Jamur Tiram AILANI merupakan usaha Home industri yang berlokasi di Jl. Andromeda No.5 Malang, Jawa Timur, telepon : 0341 – 8405250 dan email : abon_ailani@yahoo.co.id. Nama AILANI merupakan singkatan kata dari “Abon Ibu Rahlani”. Abon Jamur Tiram AILANI dimulai dari resep keluarga, dimana awalnya menghasilkan Abon Daging Sapi dan dikonsumsi untuk kalangan sendiri.
Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir, terjadi perkembangan pesat agrobisnis berbasis organik di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu), termasuk didalamnya pengembangan jamur sebagai bahan dasar makanan sehat.
Resep keluarga yang tadinya diperuntukkan untuk abon daging sapi mulai kami coba modifikasi agar bisa diaplikasikan dalam pembuatan abon jamur tiram. Hingga akhirnya terciptalah komposisi yang tepat untuk mengolah jamur tiram menjadi makanan abon jamur tiram yang gurih, nikmat, bergizi dan tentunya UNIK. Abon ini kemudian kami kemas dalam sebuah kemasan yang menarik dengan nama Abon Jamur Tiram AILANI.
Abon Jamur Tiram AILANI telah mendapatkan sertifikasi dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia dengan No.P-IRT 2043573011015. Sehingga dapat dijamin bahan-bahan yang digunakan serta proses pembuatan Abon Jamur Tiram AILANI telah memenuhi persyaratan dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia untuk Produk Makanan Home Industry.

KOMPOSISI
Abon Jamur Tiram AILANI diproses tanpa menggunakan bahan pengawet dan MSG. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan alami yang terpilih dan dijamin sehat. Berikut beberapa komposisi Abon Jamur Tiram AILANI :

Jamur Tiram Garam
Kacang Tanah Rempah-rempah
Gula Minyak Goreng

Kami dapat menjamin dari bahan serta proses pembuatan, Abon Jamur Tiram AILANI 100% HALAL untuk di konsumsi.

PENYAJIAN
Abon Jamur Tiram AILANI sangat lezat di nikmati bersama keluarga dalam segala suasana. Disajikan bersama nasi, nasi goreng beserta lauk pauk lainnya, menambah nikmat citarasa masakan.

Bahkan tidak hanya itu, Abon Jamur Tiram AILANI dapat disajikan dengan roti panggang, mie goreng bahkan es krim sekalipun.

Bagikan informasi ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *