Blog

Badan Pusat Statistik Adakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Untuk Uji Validitas Data

Badan Pusat Statistik Adakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Untuk Uji Validitas Data

Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan Pemutakhiran Basis Data Terpadu Tahun 2015. Pemutakhiran ini terbagi menjadi 2 yaitu Pemutakhiran Basis Data Terpadu Pendataan Perlindungan Sosial Sejahtera (PBDT PPLS) dan Pemutakhiran Basis Data Terpadu Program (PBDT Program). PBDT PPLS adalah pemutakhiran data induk utamanya untuk kepentingan pemberian bantuan sosial, sedangkan PBDT Program adalah pemutakhiran data di masing-masing rumah tangga (by name, by address). Pada tahun 2015 ini, pemutakhiran data akan melibatkan masyarakat agar data yang didapat lebih tepat dan akurat. Seperti diketahui, data penerima bantuan sosial dari pemerintah seringkali tidak tepat sasaran. Adakalanya warga yang berkategori mampu menerima bantuan, sebaliknya warga yang tidak mampu tidak menerima bantuan sama sekali. Keterlibatan masyarakat dalam menghasilkan data yang akurat ini diwadahi dalam Forum Komunikasi Publik (FKP). Forum ini akan melibatkan RT, RW, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, dan semua pihak untuk mengkonfirmasi dan memvalidasi keakuratan data penerima manfaat dari bantuan sosial dari pemerintah. Apakah nantinya terdapat data penerima yang perlu diganti karena tidak layak menerima atau sudah meninggal dan lain sebagainya akan dibahas dan didiskusikan di forum ini.

Tujuan dari FKP ini adalah                                                                                                                         Mempertajam Ketepatan Sasaran
Mengurangi kekurangcakupan (exclusion error) dan kebocoran (inclusion error) dan mengakomodasi perubahan karakteristik rumah tangga akibat perubahan sosial-demografi
Meningkatkan Partisipasi Pemerintah Daerah dan Masyarakat
Hasil studi menunjukan bahwa ‘local targeting’ meningkatkan kepuasan atas data dan juga kepemilikan (ownership).
Mengakomodasi Kearifan Lokal.
Mengakomodasi upaya penetapan sasaran yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk program inisiatif daerah dan kearifan lokal.
Model Pelibatan Pemda dan Masyarakat dalam Pemutakhiran BDT 
Pemerintah daerah dan masyarakat berpartisipasi secara aktif dalam proses penyusunan BDT sehingga mereka dapat melakukan mekanisme pemutakhiran BDT secara berkala (dinamis).

Hasil FKP ini bukan merupakan hasil final dari kegiatan pemutakhiran data. Hasil FKP akan disharing dan berikutnya akan diadakan uji lapangan dari Tim BPS.

Rapat Pendahuluan FKP di Kelurahan Tlogomas diadakan pada hari Jumat, 22 Mei 2015 pukul 16.00 WIB di Ruang Lurah Tlogomas. Rapat dihadiri oleh para RW di lingkungan Kelurahan Tlogomas, mulai dari RW 1 sampai dengan RW 9. Rapat awal ini memaparkan penjelasan dari BPS tentang hal-hal yang berkaitan dengan FKP. Dalam rapat ini ditetapkan jadwal diselenggarakannya FKP di masing-masing RW. Jadwal adalah sebagai berikut :

No RW Tempat Jadwal
1. RW 1 Balai RW Senin, 1 Juni 2015 pukul  19.00 WIB
2. RW 2 Balai RW Selasa, 2 Juni 2015 pukul 19.00 WIB
3. RW 3 Balai RW Rabu, 3 Juni 2015 pukul 19.00 WIB
4. RW 6 Rumah Pak RW Kamis, 4 Juni 2015 pukul 19.00 WIB
5. RW 7 Bukit Cemara 7 Minggu, 7 Juni 2015 pukul 19.00 WIB
6. RW 8 Rumah Ketua RT Selasa, 9 Juni 2015 pukul 19.00 WIB
7. RW 9 Balai RW Jumat, 5 Juni 2015 pukul 19.00 WIB

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *