Antisipasi Bentrokan Antar Pmuda, Warga Tlogomas Jaga Kemanan

Antisipasi Bentrokan Antar-Pemuda, Warga Tlogomas Kompak Jaga Keamanan

Lurah Tlogomas Aryadi Wardoyo (paling kanan) bersama aparat keamanan dan warga.
Lurah Tlogomas Aryadi Wardoyo (paling kanan) bersama aparat keamanan dan warga.

MALANGTIMES – Tradisi pengamanan momen Natal sampai pergantian tahun baru di wilayah Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, sudah berjalan empat tahun terakhir ini. Tahun 2017 pun, tradisi itu kembali dilakukan.

Bertempat di sekitaran Taman Terapi Jalan Batu Permata, gabungan elemen masyarakat yang terdiri dari karang taruna (kartar), babinsa, bhabinkamtibmas, LPMK, linmas dan tokoh masyarakat menggelar patroli pengamanan tahun baru, Minggu 31/12 /2017.

Diawali dengan apel siaga pukul 21.00 WIB, kegiatan ini bertujuan untuk mengamankan wilayah setempat dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya,  Kelurahan Tlogomas masuk dalam wilayah rawan terjadinya konflik antar-oknum pemuda dari berbagai daerah dan etnis.

Sebanyak pulahan orang dari berbagai unsur disiagakan untuk menyisir titik-titik di kawasan Tlogomas yang dinilai rawan konflik itu. Ketua Kartar Kelurahan Tlogomas Riyadi mengatakan, hal ini merupakan kegiatan rutin dan selalu dilakukan menjelang Natal dan tahun baru.

Linmas dan karang taruna dilibatkan karena mereks  ujung tombak dalam menjaga kenyamanan dan ketertiban masyarakat.  “Wilayah Tlogomas ini bisa disebut miniaturnya Indonesia karena didiami masyarakat dari berbagai ras dan suku,” tandas Bayan, panggilan akrab Riyadi.

Lurah Tlogomas Aryadi Wardoyp (tengah) saat memberi arahan kepada linmas sebelum berjaga.

Lebih lanjut, Bayan mengatakan, acara tersebut juga sebagai upaya meminimalisasi terjadinya konflik di wilayah Tlogomas.  “Kami mendirikan posko keamanan di wilayah rawan konflik ini sebelum perayaan Natal dan tahun baru, tepatnya mulai 24/12/2017 kami dirikan. Dan sudah berkoordinasi dengan semua elemen masyarakat”, tambah Bayan.

Sementara itu, Lurah Tlogomas Aryadi Wardoyo menyampaikan rasa terima kasih atas peran aktif warganya untuk selalu memantau selama kegiatan pengamanan Natal sampai malam tahun baru. “Good job untuk semua eleman masyarakat Tlogomas yang tiap malam menjaga wilayah ini. Juga para hulubalang yang selalu stand by mulai sore sampai dini hari, khususnya pada malam pergantian tahun baru ini”. Imbuhnya

Bagikan informasi ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *