Home / Potensi Wilayah / Religius

Religius

Kegiatan Keagamaan di Kelurahan Tlogomas

Pembinaan kegiatan keagamaan di Kelurahan Tlogomas dilaksanakan oleh PKK melalui pokja I. Salah satu cara menanamkan keimanan, keislaman dan ketakwaan sejak dini dalam kehidupan beragama dan toleransi antara warga sangat penting dilakukan untuk menumbuhkan pemahaman dalam agama. Kegiatan keagamaan itu biasanya berupa:

  1. Sholat berjamaah terutama margib dan isya ‘dilaksanakan untuk membiasakan anggota masyarakat bertemu secara rutin,selain itu sebagai sarana silatuhrahmi antar warga agar tidak mengikuti kebiasaan cangkrukan yang sering kali tidak memiliki arahan yang jelas dan membuang waktu.
  2. Pengajian dalam bentuk ceramah , tanya jawab, dan diskusi. Juga pengajian rutin minimal dilaksanakan satu kali dalam sebulan. Kegiatan pengajian ini biasanya dilaksanakan di masjid atau dirumah salah satu warga secara bergantian dengan maksud untuk menjalin hubungan yang lebih akrab dengan warga secara keseluruhan.
  3. Belajar membaca alqur’an untuk semua warga masyarakat, serta untuk anak- anak (TPQ), dimana biasanya melibatkan anggota remas untuk bertindak sebagai pembimbing.
  4. Pengajian untuk kaum ibu-ibu, acara diisi dengan kegiatan-kegiatan tasmi’ul qur’an serta siraman rohani oleh para ustadz dan ustadzah dengan materi-materi yang sangat dibutuhkan kaum muslimin.
  5. Kegiatan pembelajaran alquran yang diperuntuhkan oleh kaum ibu-ibu yang tidak mampu, ditambah dengan motivasi serta tauhid dari para asatidzah.
  6. Kegiatan pembelajaran alqur’an yang diikuti oleh anak-anak warga sekitar kelurahan tlogomas, dibina dan dididik oleh para asatidzah yang telah lulus tashi program qiro’ati.
  7. Pembelajaran memakaikan kafan dan memandikan jenazah
  8. Takbiran keliling
  9. Peringatan hari besar islam, seperti
    • Gebyar muharram atau Peringatan Tahun Baru Islam
    • Maulid Nabi Muhammmad SAW
    • Isro’ mi’roj
    • Sholat Idul Fitri dan Idul Adha

Organisasi kegiatan keagamaan di Kelurahan Tlogomas antara lain:

  1. REMAJA MASJID, yang dimaksud dengan remaja masjid merupakan wadah kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih remaja muslim yang memiliki keterkaitan dengan masjid untuk mencapai tujuan bersama oleh remaja yang ada di Kelurahan Tlogomas.
  2. TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN (TPA/TPQ), yaitu Kegiatan keagamaan untuk anak -anak yang ada di wilayah kelurahan Tlogomas
  3. WANITA ISLA, yakni kegiatan keagamaan untuk ibu- ibu di wilayah Tlogomas yang pembinaannya di wadahi oleh unsur Muhammadiyah.
  4. MAJELIS SHOLAWAT AL-MADINAH, yakni kelompok majelis sholawat yang tergabung dari wilayah Tlogomas sekitar 15 grup jamaah yang melakukan kegiatan keagamaan bersholawat bersama.
  5. WANITA MUSLIMAT, kegiatan yang dilakukan oleh ibu-ibu di wilayah Kelurahan Tlogomas yang pembinaannya diwadahi oleh unsur Nahdlatul Ulama
  6. FKM (Forum Komunikasi Muda Mudi), unsur dari karang taruna yang melakukan kegiatan keagamaan.
  7. Bina Keluarga Remaja (BKR), wadah kegiatan yang dilakukan warga dikelurahan tlogomas beranggotakan keluarga yang mempunyai anak usia remaja untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang remaja.

Di samping itu, tlogomas juga memiliki warga non muslim yang jumlahnya sekitar 25% diantaranya beragama Nasrani/protestan yang paling banyak terdapat di wilayah RW 09 dimana mereka juga memiliki kegiatan keagamaan seperti kegiatan kelompok paduan suara/koor yang dilaksanakan setiap minggu 2 kali dan juga kegiatan kebaktian ke gereja. Teloransi antara umat beragama di kelurahan Tlogomas sangat di jaga demi kerukunan kehidupan warga yang bermartabat.

Kegiatan Keagamaan di wilayah Kelurahan Tlogomas

Beranda » Potensi Wilayah » Religius » Kegiatan Religius » Kegiatan Religius
Hello world!
Santri TPQ
TPQ
Pengajian Ibu-ibu
Jamaah Shalawat
Santri TPQ
TPQ
Pengajian Ibu-ibu
Jamaah Shalawat
Santri TPQ
TPQ
Pengajian Ibu-ibu
Jamaah Shalawat
Santri TPQ
TPQ
Pengajian Ibu-ibu
Jamaah Shalawat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*