Home / Potensi Wilayah / Situs Sejarah

Situs Sejarah

Apa Itu Situs Sejarah?

Situs sejarah merupakan daerah dimana ditemukan benda-benda purbakala. benda-benda purbakala yang bersejarah itu diantaranya : istana, makam, masjid dan candi. Dalam portal ini benda-benda purbakala yang ditampilkan hanya yang berkaitan dengan sejarah dan peradaban Melayu yang tersebar di kawasan Melayu, baik di indonesia maupun luar negeri. Situs sejarah ini merupakan saksi dari jejak sejarah peradaban Melayu. Oleh karena itu, situs sejarah ini merupakan salah satu sumber penting untuk mempelajari dan memahami sejarah dan masyarakat Melayu.

Situs Sejarah di Wilayah Tlogomas

Berbicara tentang Tlogomas tentu tidak lepas dengan sejarah masa lampau yang membuat Tlogomas menjadi tinta emas pergulatan sejatah Kota Malang. Kanjuruhan tidak asing bagi warga Malang terutama warga Tlogomas. Bagaimana tidak, salah satu peninggalaan Kerajaan Kanjuruhan berupa Situs Karuman yang ditemukan di wilayah Panca Murti RW 05 Kelurahan Tlogomas berupa Reco Lembu Nandi. Situs ini berupa yoni yang menceritakan masa lalu hingga sekarang dimana Karuman (dulu Kaharuman) merupakan daerah yang kaya akan air. Diceritakan dalam Prasasti Pararaton bahwa Karuman merupakan wilayah pemukiman Ken Arok sebelum Ken Arok menjadi raja Singhasari.

Selain situs Karuman, Tlogomas juga memiliki situs batu Gong yang merupakan warisan dari Kerajaan Kanjuruhan. Situs ini berupa batu yang berbentuk menyerupai bentuk gong dan beberapa mitos yang didengar oleh orang orang tua masa lalu pada malam hari sering terdengar suara gong yang berbunyi ertalu talu. Situs watu gong masuk dalam wilayah RW 03 Kelurahan Tlogomas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*