Pilihan

Sosialisasi Tentang Peningkatan Peran Ibu dan Keluarga Dalam pendidikan dan Pengasuhan Anak di Kelurahan Tlogomas Kota Malang

TlogoMas News#Nawak Ngalam. Sejalan dengan Program Pemerintah tentang Kesehatan Ibu dan Anak maka Program pembangunan kesehatan di Kelurahan Tlogomas diprioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan Ibu dan anak, terutama ibu hamil, bersalin dan bayi pada masa perinatal. Hal ini diperlukan untuk menekan  Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Maka dengan itu sangat diperlukan pemahaman mengenai Kesehatan ibu dan anak.. 

Selasa 17 September 2024, pukul 09.00 WIB  Lurah Tlogomas, Arwanto membuka kegiatan Sosialisasi Tentang Peningkatan Peran Ibu dan keluarga Dalam pendidikan dan Pengasuhan Anak di Balai Pertemuan Serbaguna Kelurahan Tlogomas. Kegiatan yang di Inisiasi Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tlogomas, Made Sukmawati.SE, ini menghadirkan dr. Inez Ardwitiyani narasumber dari Pukesmas Dinoyo Kota Malang.

Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Ketua TP PKK Kelurahan Tlogomas dan Ibu-ibu Kader PKK serta Kelurahan Siaga serta undangan ibu hamil. Dalam sosialisasi tersebut, para peserta diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pola asuh anak yang baik.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan anak dan gizi. Dengan peran aktif seluruh elemen masyarakat, harapannya target pengentasan stunting di wilayah Kelurahan Tlogomas dapat tercapai dengan baik.

Lurah Arwanto dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan Ibu dan Anak. “Melalui kegiatan ini, diharapkan para orang tua dapat lebih memahami bagaimana memberikan pola asuh yang tepat bagi anak-anak mereka sehingga dapat tumbuh sehat dan cerdas berbudi pekerti serta berwawasan yang luas,” ujarnya.

Kemudian kegiatan berlanjut dengan pemaparan materi yang disampaikan narasumber dengan tema Peningkatan Peran Ibu dan keluarga Dalam Pendidikan dan Pengasuhan Anak Mulai dari Kandungan sampai Remaja., dr. Inez Ardwitiyani menjelaskan berbagai faktor penyebab gangguan kesehatan ibu hamil dan memberikan tips serta strategi dalam mendukung tumbuh kembang anak. Diharapkan, dengan adanya sosialisasi ini angka kesehatan ibu hamil di Kelurahan Tlogomas dapat meningkat secara signifikan.

Secara panjang lebar narasumber menjelaskan tentang pendidikan anak agar sesuai dengan harapan orang tua, pertama, motivasi dan dukungan emosional:, Orang tua yang memberikan dukungan kepada anak mereka dapat membantu meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Dengan memberikan pujian, dorongan, dan perhatian positif, orang tua dapat membantu anak merasa percaya diri dan termotivasi untuk mencapai kesuksesan akademik.

​Kedua, pembentukan karakter atau kebiasaan. Orang tua sangat berperan penting dalam membantu membentuk karakter positif anak. Melalui komunikasi terbuka serta memberikan pengawasan, orang tua dapat mengajarkan pentingnya pendidikan, kerja keras, disiplin, dan tanggung jawab kepada anak-anak mereka. Kebiasaan belajar yang baik yang ditanamkan oleh orang tua dapat berlanjut sepanjang hidup anak. 

​Ketiga, orang tua sebagai guru. Orang tua dapat berperan sebagai guru bagi anak-anak mereka. Mereka dapat meluangkan waktu untuk membantu anak dalam mengerjakan tugas/PR, mengajarkan keterampilan belajar, dan memberikan penjelasan tambahan saat anak menghadapi kesulitan dalam memahami materi. Dengan cara ini, orang tua dapat membantu anak mengatasi hambatan belajar dan meraih prestasi yang lebih baik.

​Tetapi, di zaman yang maju ini banyak sekali orang tua yang hanya mampu memberikan dukungan praktis atau finansial kepada anaknya, Orang tua hanya terfokus untuk memenuhi kebutuhan finansial anaknya seperti memberikan fasilitas-fasilitas untuk menunjang pendidikan anaknya, tetapi mereka lupa bahwa seorang anak juga membutuhkan dukungan secara emosianal, sehingga banyak anak dibiarkan tumbuh sendiri tanpa mendapatkan bimbingan dari orang tuanya. Padahal seorang anak sangat membutuhkan perhatian, kasih sayang serta rasa nyaman dari orang tuanya. Terkadang orang tua tidak menyadari hal tersebut mungkin karena mereka terlalu sibuk atau tidak memahami apa yang sebenarnya anak mereka butuhkan?

Orang tua harus lebih memperhatikan anak mereka, memperbaiki komunikasi dengan anak mereka sehingga mereka tahu apa sebenarnya anak mereka inginkan?  Anak adalah karunia terbesar yang diberikan oleh Allah, maka saat itu orang tua diberikan tanggung jawab yang besar untuk membesarkan dan mendidikan anaknya dengan penuh kasih sayang agar dapat berkembang dengan baik. Orang tua tidak hanya sekedar memberikan anak sebuah pakaian dan makanan saja tetapi juga perhatian, kasih sayang, rasa aman dan kepercayaan kepada anak.

Pada akhir kegiatan, Lurah Arwanto menyerahkan paket alat-alat senam dan bahan praktek pendukung Kelurahan Siaga khususnya untuk kesehatan Ibu Hamil dalam kegiatan Kelas Ibu hamil kepada Ketua Kelurahan Siaga, Cholifah. Kegiatan kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang kehamilan, perawatan kehamilan, keluhan selama kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca kersalinan, perawatan bayi baru lahir serta mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan pengetahuan dasar. Manfaat kelas ibu hamil ini diantaranya adalah mendapatkan konsultasi lebih awal, mendapatkan informasi seputar kehamilan hingga proses menuju persalinan

Pewarta dan Editor @Gito_Suhar