Kunjungan Study Wisata dari Kabupaten Kapuas

Dengan predikat sebagai juara kelurahan tingkat nasional tahun 2014, Kelurahan Tlogomas selalu diminati sebagai tempat menggali informasi dan kiat-kiat hingga bisa meraih predikat itu. Pada hari Rabu, 29 April 2015 Kelurahan Tlogomas menerima kunjungan study wisata dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah. Selain para pejabat dan staf Badan Perberdayaan Masyarakat dan Desa, Camat dan Lurah juga hadir dalam study wisata ini. Seperti biasa, kunjungan  tidak hanya disambut oleh Lurah dan para staf Kelurahan Tlogomas saja, warga juga antusias menyambut tamu rombongan. Hadir dalam acara ini, Ketua Pokja Sehat, Sunarto Djaniputro, Ketua LPMK, Hermanto Gani beserta para anggota, unsur BKM dan tokoh masyarakat lainnya.

Ketua rombongan dari Kabupaten Kapuas, Drs. Yansen, M.Si dalam sambutannya menggambarkan sejarah dan kondisi Kabupaten Kuala Kapuas. Kabupaten Kapuas terbentuk berdasarkan UU No. 27 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan Tengah. Selanjutnya berdasarkan UU No. 5 Tahun 2002 tentang pembentukan Kabupaten Katingan, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, dan Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas dimekarkan menjadi tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Kapuas dengan ibukota Kuala Kapuas sebagai kabupaten induk dengan 12 Kecamatan, Kabupaten Pulang Pisau dengan Ibukota Pulang Pisau terdiri atas 6 Kecamatan dan Kabupaten Gunung Mas dengan ibukota Kuala Kurun dengan 6 Kecamatan. Walaupun dengan wilayah yang sangat luas, Kabupaten Kapuas mempunyai keinginan untuk lebih serius lagi dalam mengikuti lomba desa/kelurahan tingkat nasional dengan harapan akan meraih prestasi yang sama dengan Kelurahan Tlogomas. Untuk itu, proses-proses menuju ke arah itu diperlukan dengan menggali informasi dari Kelurahan Tlogomas.

Salah satu poin penting kemenangan Kelurahan Tlogomas sebagai juara nasional adalah keaktifan partisipasi masyarakat. Dalam kunjungan ini, rombongan dari Kabupaten Kapuas bisa melihat secara langsung partisipasi masyarakat tersebut yang ditunjukkan dengan disajikannya berbagai macam produk unggulan warga Tlogomas, hasil-hasil kreasi Badan Keswadayaan Masyarakat dan keaktifan Kelompok Informasi Masyarakat yang ikut hadir dalam menyambut kunjungan tersebut.[rf]

 

Bagikan informasi ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *