ArtikelBeritaInformasi UmumWarta

Pelatihan Shibori di Bahan Kaos

Minggu, 10 September 2023 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang mengadakan Pelatihan Shibori di bahan Kaos untuk meningkatkan kreativitas warga yang diadakan di Aula Balai Kelurahan Tlogomas. Shibori merupakan salah satu teknik tradisional pewarnaan tekstil asal Jepang yang menggunakan berbagai metode lipatan, ikatan, dan penjepitan kain untuk menciptakan pola atau desain yang menarik sebelum proses pewarnaan. Proses ini menghasilkan motif-motif unik yang khas dan diakui secara estetika. Pelatihan Shibori yang dihadiri oleh mayoritas Ibu ibu ini diadakan dengan tujuan sebagai wujud pemberdayaan masyarakat serta memberikan keterampilan kepada ibu – ibu . 

Pelatihan Shibori ini dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB . Materi yang diberikan adalah mengenai kombinasi warna dengan berbagai teknik.

Saat proses pembuatan, ibu-ibu  dibagi menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan 3-4 orang. Pelatihan ini mendapatkan tanggapan antusias dari para peserta yang hadir. Pemberian warna yang diserahkan seluruhnya kepada ibu-ibu, menjadi salah satu alasan keantusiasan ini terjadi. Para peserta dapat dengan bebas mewarnai bahan kaos yang sudah disediakan, memadu padankan warna sesuai kreativitas masing-masing kelompok.