Pilihan

Indahnya Kebersamaan dalam Halal bi Halal Bersama warga Kelurahan Tlogomas

TlogomasNews – Pasca lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah, Kantor kelurahan Tlogomas bersama  tingkatkan kebersamaan dengan Halal Bi Halal, Minggu (05/05/2024).Halal bihalal dengan tema “ Mari Saling Memaafkan dan Selalu Mempererat Tali Silaturahmi “ ini berlangsung di Aula Gedung Serbaguna Kelurahan Tlogomas, halal bihalal tersebut dihadiri, Lurah Tlogomas  beserta  Sekretaris Lurah, para Kasi dan staf, Ketua RW, Ketua RT, Pengurus PKK, Kader Posyandu, Kader Lingkungan, Babinsa dan Babinkamtibmas, serta Karang Taruna Kelurahan Tlogomas.

Menurut Lurah Tlogomas, Arwanto dalam sambutannya, bahwa kegiatan Halal Bi Halal ini bertujuan memperkuat silaturahmi, ikhlas saling memaafkan sehingga jalan kita dihari-hari berikutnya lebih ringan, bekerja lebih produktif dan inovatif dalam memberi pelayanan ke masyarakat.

“Halal Bi Halal merupakan suatu tradisi positif yang dilakukan umat Islam khususnya di Indonesia, setelah perayaan hari raya Idul Fitri, guna menyempurnakan kemenangan dan kesucian yang diraih setelah melaksanakan puasa dan ibadah lain selama Bulan Suci Ramadhan,” ucap Lurah Tlogomas.

Beliau menambahkan, melalui kegiatan ini kita diharapkan untuk saling membersihkan diri dengan tulus dan ikhlas, saling memberi dan memaafkan kepada sesama atas segala khilaf dan dosa yang pernah kita perbuat dan tidak mengulangi lagi kesalahan atau kekhilafan dimasa mendatang.

“Saya berharap agar kita senantiasa mempererat rasa kekeluargaan dan tali silaturrahmi, tidak hanya saat Idul Fitri tetapi di setiap saat. Sesuai dengan makna syahwal sebagai bulan peningkatan, maka pada kesempatan ini kami juga mengajak kita semua, agar dapat menjadikan kegiatan ini sebagai wahana dan sarana untuk lebih memperkuat komitmen dan tekad, guna lebih meningkatkan kualitas ta’aruf atau saling mengenal, dan tafahum atau saling memahami,” jelas nya.

“Saya mewakili Kelurahan memohon maaf jika dalam pelayanan kami, di dalam pergaulan sehari-hari masih ada kekurangan dan kurang memuaskan masyarakat Kelurahan Tlogomas,” terang Arwanto.

Lurah Tlogomas juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen umat muslim yang sudah membantu pemerintah daerah dalam di masa kepemimpinannya.

“Baru beberapa bulan kami memimpin Kelurahan Tlogomas, saya merasakan sungguh luar biasa dukungan dan doa dari Keluarga Besar Umat Muslim bersama dengan komponen masyarakat lain dalam membangun wilayah Kelurahan Tlogomas,” katanya.

Mengakhiri sambutannya, Lurah Tlogomas kembali menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh umat muslim yang sudah membangun kebersamaan dan keharmonisan di daerah ini.

Selanjutnya Tausyiah disampaikan oleh ustadz Muhammad Shiddiq dengan tema hikmah syawalan yang intinya bahwa semua amal ibadah yang telah kita lakukan selama bulan Ramadhan hendaknya tidak berhenti di bulan Ramadhan, tetapi hal tersebut bisa kita lanjutkan di bulan berikutnya dan menjadi kebiasaan baru karena berhasil atau tidaknya puasa kita tercermin dari apa yang kita lakukan pasca Ramadhan.

“Mudah-mudahan dengan silaturahmi ini kita membangun ukhuwah islamiyah diantara sesama, Ukhuwah Wataniyah yakni komitmen persaudaraan antara kelompok suku, agama, Bahasa, budaya dan yang terakhir Ukhuwah Insaniyah diantara seluruh umat manusia di seluruh dunia. Saya pikir kita bisa menjaga beberapa hal ini, Insya Allah negara ini aman apalagi menjelang Pemilukada 2024, semoga tidak ada gesekan-gesekan antar kelompok masyarakat yang berbeda kepentingan politik dan lain-lain. mari kita saling menjaga kerukunan ini,” imbuh beliau

Kemudian kegiatan  diakhiri dengan saling berjabat tangan tanda saling memaafkan dan ramah tamah

Pewarta : @Suhar_Gito