Berita

Kunjungan Kepala BNN Provinsi Jawa Timur Dalam Rangka Monitoring dan Evaluasi Pelatihan Dayatif Barista di Kelurahan Tlogomas Kota Malang

Kamis, 15 Juni 2023 Kepala BNN Provinsi Jawa Timur Drs. Mohamad Aris Purnomo kembali menyambangi Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dalam rangka monitoring dan evaluasi pelatihan dayatif barista di Kelurahan Tlogomas terkait kegiatan yang sebelumnya diselenggarakan pada 25 Oktober 2022 lalu.

kegiatan tersebut bentuk intervensi program dayatif Direktorat Pemberdayaan Alternatif Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN RI bersinergi dengan PT PLN Persero dengan mengembangkan wirausaha mewujudkan potensi masyarakat yang unggul tanpa narkoba .

Pengembangan wirausaha ini merupakan salah satu program yang dilakukan BNN melalui pendekatan soft power approach dalam upaya perang melawan narkoba. Kelurahan Tlogomas Kota Malang terpilih sebagai tempat pelatihan dikarenakan wilayah ini merupakan salah satu daerah rawan narkoba dengan kategori bahaya.

Kepala BNN Provinsi Jawa Timur Drs. Mohamad Aris Purnomo dalam sambutannya mengatakan bahwa program ini diberikan guna merubah mindset masyarakat di daerah rawan narkoba agar mampu menolak narkoba dan siap menyatakan perang terhadap narkoba dengan ilmu pengetahuan dengan cara bekerja yang legal.

“Membangun peran serta masyarakat pada kekuatan ekonomi mandiri dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan terciptanya lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba”, ujar Kepala BNNP Jatim.

hasil dari monitoring dan evaluasi pelatihan dayatif barista di Kelurahan Tlogomas, beberapa capaian kegiatan pelatihan yang sebelumnya diselenggarakan akhirnya terwujud dengan peserta yang mulai bisa membuka usaha kedai-kedai kopi secara mandiri, dan masuk di beberapa instansi/perusahaan sesuai dengan lifeskill masing-masing peserta sehingga semula terindikasi rawan dan rentan narkoba menjadi kawasan yang aman serta produktif.