ArtikelBeritaInformasi UmumLayanan PublikPublikasiWarta

Sinkronisasi Penguatan lembaga LPMK dan BKM

Sabtu Pagi, 28 OKtober 2023 bertempat di Balai Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Keberhasilan suatu kegiatan antara lain ditentukan komunikasi, koordinasi dan transparansi dari suatu kegiatan. Komunikasi dan koordinasi diantara pihak yang terlibat dalam kegiatan tidak hanya dalam perencanaan, proses pelaksanaan, namun juga pasca pelaksanaan, guna evaluasi dan perbaikan pada kegiatan lain.

Kelurahan yang merupakan wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah kabupaten atau kota yang berada di bawah kecamatan dan dipimpin oleh seorang lurah, yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Kegiatan Kelurahan tidak hanya bersifat administratif, namun juga kegiatan sarana prasarana fisik dan pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan sarana prasarana fisik dan pemberdayaan masyarakat tidak berdaya guna dan berhasil guna, apabila tidak melibatkan kelembagaan yang ada di Kelurahan. Keberadaan kelembagaan tersebut, sangat membantu optimalisasi kinerja kelurahan, manakala sinergisitas terbangun dan terjalin dengan baik.

LPMK sebagai salah satu kelembagaan tingkat kelurahan yang berorientasi kepada pemberdayaan seluruh masyarakat melalui kegiatan pembangunan/peningkatan sarana prasarana lingkungan maupun pemberdayaan masyarakat. Sedangkan BKM berorientasi terhadap pemberdayaan rakyat miskin. Sementara Lurah sebagai pemangku wilayah yang mengkoordinasikan kelembagaan yang ada, agar program pemerintah Kota dapat terlaksana dengan baik. Sinergisitas ketiga stakholder tersebut untuk hasil yang optimal.

Kelurahan Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang ber-istiqomah menjaga sinergi tersebut, baik dengan LPMK dan BKM maupun dengan kelembagaan lain. Bersinergi dengan LPMK dan BKM sebagai keharusan, untuk kebaikan masyarakat. Lurah, LPMK dan BKM, relatif sama dalam memaknai sinergi.
Sinergi bermakna suatu bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis, sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal.
Bersama-sama lembaga yang ada di Kelurahan, berkomunikasi dan berkoordinasi adalah upaya agar kita bisa berbuat dengan dasar gotong royong.