Pilihan

VERIFIKASI LAPANGAN PROGRAM KAMPUNG IKLIM (PROKLIM) LESTARI KELURAHAN TLOGOMAS TAHUN 2024

TlogomasNews. Nawak Ngalam – Kelurahan Tlogomas Kedatangan Tim Verifikator Program Kampung Iklim Utama (Proklim) Lestari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Jawa Timur dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang sebagai tindak lanjut penilaian Kelurahan Tlogomas yang merupakan satu-satunya Kelurahan di Kecamatan Lowokwaru yang masuk dalam Nominasi Kampung Lestari Tingkat Nasional. Kegiatan verifikasi ini dilaksanakan di Balai RW. 07 pada Jumat, 01 Maret 2024 pukul 08.00 WIB sampai Jam 11.00 WIB

Dibuka oleh Arwanto selaku Lurah Tlogomas yang sangat mengapresiasi kegiatan yang berwawasan lingkungan tersebut, karena itu beliau patut berbangga RW. 07 sebelumnya juga telah meraih Penghargaan Proklim pada Tahun 2019, sekarang  menjadi  perwakilan Kampung Lestari di Kota Malang  ke Tingkat Nasional.

Selanjutnya presentasi tentang potensi RW.07 dibawakan oleh Aron, ketua RW.07 yang merupakan Kader Lingkungan Kecamatan Lowokwaru dan Kader Lingkungan Kota Malang

Ketua RW 07

Perlu diketahui Program Kampung Iklim (ProKlim) sendiri adalah program berlingkup nasional yang dkembangkan KLHK RI untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca.

Kriteria yang dinilai secara nasional adalah aksi mitigasi, aksi adaptasi, aksi resilient (ketahanan pangan, antisipasi bencana, dan kesehatan), partisipasi masyakarat terhadap pelestarian Lingkungan Hidup.

RW 07 Kelurahan Tlogomas memperoleh Penghargaan Proklim Utama 2019 karena telah memenuhi seluruh kriteria, diantaranya aksi mitigasi melalui penanaman tanaman penyerap karbon (konservasi tanaman bambu), keanekaragaman hayati flora, pemilahan sampah, memiliki IPAL komunal untuk limbah domestik, dan program ramah lingkungan hidup yang dibudidayakan di tingkat RW.

Pada tingkat aksi adaptasi, RW 7 telah memiliki/membangun banyak sumur resapan untuk konservasi air. Sedangkan pada aksi resilient/ketangguhan, RW 07 Tlogomas telah memiliki sistem tanggap darurat bencana perubahan iklim, memiliki sentra urban farming, memiliki banyak kader kesehatan yg tanggap terhadap fenomena perubahan iklim, dan mampu membangun partisipasi aktif seluruh segmen masyarakat tingkat RW utk program program pelestarian lingkungan hidup.

Ada 3 Indikator yang dinilai di tahap verifikasi ini. Indikator pertama, calon Kampung Lestari sudah melakukan pembinaan Proklim ke lokasi-lokasi lain yang minimal 10 lokasi. Indikator kedua adanya peningkatan kegiatan dari tahun pertama menjadi Desa Proklim hingga sekarang menjadi calon kampung Lestari. Indikator ketiga dengan bobot nilai yang paling besar adalah penguatan kelembagaan yang merupakan wadah keberlangsungan kegiatan yang ada di Kelurahan .

Selanjutnya perwakilan Tim Verifikator Proklim Lestari DLH Kota Malang, Niken,Wardani S.T didampingi Laila Yuslichati S.T dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi RW.07 yang telah menorehkan prestasi membanggakan.

“Wilayah Kota Malang baru di tahun ini ada Proklim yang sampai pada tingkat Lestari, sebab Proklim sendiri sebenarnya ada 4 tingkatan dan yang paling tinggi adalah Proklim Lestari,” ujar Niken., “Intinya kami selalu memfasilitasi Tim Verifikator misalnya saja saat mereka meninjau langsung bagaimana Kelurahan Tlogomas umumnya dan RW. 03 pada khususnya mengelola Sumber Mata Air yang tidak pernh kering meski musim kemarau, selain itu juga  membuat alat pemadam kebakaran, dan unggul dalam kegiatan Bank Sampah yang di inisiasi oleh ibu-ibu PKK,” lanjutnya.

Vita Sirvia Piscawati, S.Si. selaku ketua tim verifikasi tak ketinggalan memberikan berbagai pengarahan mengenai data-data yang dirasa kurang maksimal. Berbekal data SRN di tangannya, beliau  yang menggeluti bidang PROKLIM dalam kurun waktu yang cukup lama tersebut, menjadi pusat perhatian ibu-ibu kader PKK yang menyimak dengan seksama.

Berjalan menyusuri titik-titik pantau pada wilayah RW 07 menyusuri pinggiran sungai dan gang-gang yang dipenuhi  aneka tumbuhan khas perkotaan, yaitu Vertical Garden, setelah sebelumnya di suguhi  keindahan kebun palawija yang memanfaatkan lahan tidur di wilayah RT.02 RW. 07 dan diakhiri dengan eksplorasi di Tirta Rona Wisata peduli Perubahan Iklim, pasti memberikan kesan yang berbeda-beda pada verifikator. Wilayah kelurahan dengan potensinya, serta kategori RW dengan pesonanya, tentu memiliki daya tarik tersendiri

Tirta Rona Wisata Peduli Perubahan Iklim

IPAL terpadu

Presentasi Drs.Agus Gunarto 

Pada kesempatan itu, Agus Gunarto, penggagas MCK Terpadu – Tangki AG yang mendapat banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri, mengungkap keoptimisannya jika Proklim Tlogomas akan memboyong Nominasi Proklim Lestari. Semoga semangat pak Agus menular pada anak cucu

Pewarta : @Suhar_gito18

poto bersama